Kenang Perjuangan RA. Kartini, MTsN 1 Blitar Gali Potensi Siswa-siswi Melalui Kompetisi

Blitar- Dalam rangka harmonisasi seremoni Hari Kartini, MTsN 1 Blitar  gelar kompetisi untuk siswa-siswi pada Jumat, (26/04). Acara ini diselenggarakan guna menumbuhkan jiwa-jiwa Kartini di era modernisasi. Acara ini merupakan sekuel dari perayaan Hari Kartini yang telah digelar upacara pada Senin kemarin. Ada beberapa cabang lomba yang digelar antara lain, lomba menghias tumpeng, lomba membuat bekal bento, lomba robotik, lomba merias wajah, dan lomba pemilihan Gus Diajeng MTsN 1 Blitar .

Masing-masing cabang lomba yang digelar memiliki filosofi tersendiri. Lomba menghias tumpeng, lomba merias wajah dan membuat bekal bento merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh perempuan. Namun, kegiatan ini dinormalisasi dengan lomba yang dapat diikuti oleh siswa atau siswi. Hal ini mengajarkan baik laki-laki atau perempuan di era modernisasi tetap perlu untuk melestarikan budaya  tetapi tidak buta dengan perkembangan zaman. Lomba robotik mengajarkan modernisasi pengetahuan harus terserap di jiwa siswa maupun siswi.

RA. Kartini merupakan pahlawan yang berjuang melalui gagasan.  MTsN 1 Blitar  menggali potensi ide-ide dan gagasan siswa-siswi melalui pemilihan Gus Diajeng MTsN 1 Blitar . Setiap peserta diberikan satu pertanyaan terkait pendapat terhadap sosok Kartini di era saat ini. Tak hanya gagasan, penilaian juga meliputi kecantikan dan kebagusan etika. Hal ini mengedukasi siswa-siswi, bahwa tak hanya laki-laki tetapi perempuan juga berhak untuk berani unjuk diri dan bersuara menyampaikan opini.

Kepala MTsN 1 Blitar, Drs. Sihabbudin mengapresiasi kompetisi ini dengan mendukung kegiatan dan berfoto bersama peserta lomba. Acara berakhir pukul 11.00 WIB. Siswa-siswi dapat kembali ke rumah setelah acara berakhir.

 

Penulis: Nuzuli Rohmah, S.Pd.
Penyunting: Ita Pradita, S.E., M.Pd.I.

Telp Kantor

 (0342) 556134