TRANSFORMASI GURU WUJUDKAN INDONESIA MAJU

TRANSFORMASI GURU WUJUDKAN INDONESIA MAJU,

MTSN 1 BLITAR PERINGATI HARI GURU NASIONAL DAN GELAR KARYA KEBHINEKAAN P5PPRA

 

Guru adalah seseorang yang telah mengabdikan dirinya untuk mengajarkan suatu ilmu, mendidik, mengarahkan, dan melatih muridnya agar memahami ilmu pengetahuan yang diajarkannya tersebut. Menurut UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, guru adalah tenaga pendidik profesional yang memiliki tugas utama untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Dalam hal ini, guru tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, tapi juga pedidikan lainnya dan bisa menjadi sosok yang diteladani oleh para muridnya. Peran guru sangat penting dalam proses menciptakan generasi penerus yang berkualitas, baik secara intelektual maupun akhlaknya.

Dalam rangka menghormati jasa-jasa para pendidik, MTsN 1 Blitar ikut serta merayakan peringatan Hari Guru Nasional dengan melaksanakan upacara bendera. Upacara peringatan ini bertemakan Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju. Petugas upacara ini adalah seluruh guru dan tenaga kependidikan di MTsN 1 Blitar. Pembina upacara oleh kepala MTsN 1 Blitar, Drs. Sihabbudin. Acara dilaksanakan pada Jumat (25/11/2023) bertempat di halaman utama madrasah. Acara berlangsung dengan khidmat dan penuh haru. Di tengah berlangsungnya upacara, perwakilan siswa-siswi MTsN 1 Blitar yakni M. Lukmanul Hkim kelas 7-5 dan Revi Aulia kelas 9-9 mempersembahkan puisi berjudul “Guruku Pahlawanku” untuk bapak/ibu guru dan diiringi persembahan bunga oleh siswa-siswi kepada seluruh guru dan karyawan/wati MTsN 1 Blitar. Acara dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh kepala madrasah beserta jajarannya.

Acara peringatan hari guru ini ditutup dengan persembahan penampilan-penampilan oleh siswa-siswi P5PPRA. Penampilan jargon P5PPRA yang diciptakan oleh tim guru pembina P5PPRA MTsN 1 Blitar. Penampilan lagu Terima Kasih Guruku karya Enavoice dan lagu daerah oleh Aqila dan Devita kelas 7-5. Dilanjutkan tampilan tari Wonderful Indonesia. Sebuah tarian yang menggambarkan kekayaan budaya Indonesia. Karya seni yang memadukan elemen tradisional dan kontemporer untuk menciptakan suatu pengalaman visual yang memukau. Selain gerakan tari, ditunjukkan juga permainan tradisional seperti dakon dan ular naga. Tampilan ini merupakan gelar karya P5PPRA sebagai produk pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan tema Kebhinekaan. Penampilan terakhir adalah senam Kreasi Pelajar Pancasila. Lagu pengiring senam ini merupakan karya kolaborasi dari Kikan dan Eka Gustiwana. Dalam barisan liriknya berisi ajakan untuk memaknai kembali nilai-nilai yang terkandung dari sila-sila Pancasila serta mengamalkannya. Para pelajar juga diajak untuk mampu mengendalikan emosi dan meningkatkan toleransi di tengah keberagaman budaya demi terciptanya Indonesia yang lebih baik dan terus berprestasi. Tak hanya bunga dan penampilan seni, melalui bimbingan Bapak Awang Mahaja siswa-siswi MTsN 1 Blitar berhasil memberikan persembahan buku karya terbaiknya berjudul “Kado Terindah” untuk para guru MTsN 1 Blitar.

Penulis: Tim Jurnalistik (Nuzuli Rohmah, S.Pd.)

Editor: Ita Pradita, SE., M.Pd.I.

Telp Kantor

 (0342) 556134