PRAMUKA, Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa

Kunir- Peringatan Hari Pramuka ke 61 pada tahun 2022 jatuh pada hari Minggu tanggal 14 Agustus. Karena Minggu adalah hari libur upacara peringatan Hari Pramuka di MTsN 1 Blitar diajukan pada hari Sabtu tanggal 13 Agustus 2022. Upacara dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) MTsN 1 Blitar dan dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah Bapak Choirun Ni’am, M.Pd.

Dalam sambutannya, Bapak Choirun Ni’am, M.Pd. mengatakan hari ini merupakan hari yang besar dan bersejarah bagi anggota gerakan Pramuka, karena organisasi kepramukaan kita genap berusia 61 tahun. Gerakan kepanduan pertamakali diperkenalkan oleh Roberth Stephenson Smyth Baden Powell. Beliau adalah Bapak Pandu Dunia yang dilahirkan pada 22 Februari 1857 dan  berjasa memperkenalkan kegiatan Pramuka atau Scout dalam bahasa Inggris kepada dunia.

Pendidikan kepramukaan di Indonesia sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pada kurun waktu tahun 1950-1960 organisasi kepanduan tumbuh dan berkembang dalam jumlah yang banyak corak dan ragamnya. Bahkan ada organisasi kepanduan yang beralifiasi dengan partai politik, tentunya itu menyalai prinsip dasar dan metode kepanduan. Keberadaan kepanduan seperti ini dipandang tidak sesuai dengan perkembangan jaman, serta kurang bermanfaat untuk pembangunan bangsa dan pembangunan generasi muda yang menjaga nila-nilai persatuan dan kesatuan.

Memperhatikan keadaan yang demikian Presiden Soekarno meminta tokoh-tokoh Pramuka untuk hadir dan memperbarui organisasi kepanduan tersebut. Salah satu tokoh yang berperan penting dalam Pramuka Nasional adalah Sultan Hamengkubuwono IX dan mengenalkan kata Pramuka pertamakali pada audiens. Gerakan Pramuka dengan lambang tunas kelapa keberadaannya ditetapkan melalui Keputusan Ptresiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961. Secara resmi Gerakan Pramuka Indonesia diperkenalkan pada tanggal 14 Agustus 1961, sejak saat itulah setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka Indonesia dan Bapak Pramuka Indonesia adalah Sultan Hamengkubuwono IX serta Soekarno.

Tema peringatan hari pramuka Tahun 2022 adalah “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Tema ini diharapkan dapat membangun citra positif Gerakan Pramuka dengan mewujudkan kapasitas informatika, integritas, dan kompetensi komunikasi publik di era digital. Generasi muda yang hidup di jaman serba digital diharapkan mampu menyaring informasi yang masuk melalui media sosial. Keberadaan media sosial sebenarnya memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan, jarak dan waktu bukan lagi masalah, lebih mudah dalam mengekspresikan diri, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat, biaya lebih murah. Sedangkan dampak negatif dari media sosial adalah berkurangnya kegiatan sosialisasi yang ada di masyarakat atau menjauhkan orang-orang yang sudah dekat dan sebaliknya, interaksi secara tatap muka cenderung menurun, membuat orang-orang menjadi kecanduan terhadap internet, menimbulkan konflik, masalah privasi, rentan terhadap pengaruh buruk orang lain.

Sebagai informasi Kepala Madrasah Bapak Choirun Ni’am selaku Ketua Majelis Pembiming Gugus Depan 19.55-1956 Pangkalan MTsN 1 Blitar, pada hari ini juga melakukan Pelantikan Pramuka Penggalang : Tingkat Ramu, Rakit dan Terap yang diikuti oleh anggota Pramuka kelas 7 dan 8. Sebelum pelantikan di mulai Bapak Choirun Ni’am mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa/wi yang akan dilantik. Adapun beberapa pertanyaannya adalah sebagai berikut :

  1. Apakah adik-adik mengerti dan faham akan Dasa dharma Pramuka ?
  2. Apakah adik-adik bersedia mematuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku di Gugus Depan 19.55-1956 Pangkalan MTsN 1 Blitar ?
  3. Sanggupkah adik-adik selaku Anggota Gerakan Pramuka di Pangkalan MTsN 1 Blitar menjadikan diri pribadi sebagai contoh dan tauladan ?

Di Indoneia moto Gerakan Pramuka adalah satyaku kudharmakan dharmaku kubaktikan dengan lagu Hymne Pramuka sebagai penyemangat anggota Pramuka. Setiap anggota Pramuka diharapkan memiliki rasa kepedulian sosial dan siap membantu bagi sesama sebagaimana disebutkan dalam kode kehormatan Satya dan Dharma Pramuka. Salam Pramuka ! (By Ita Pradita)

Telp Kantor

 (0342) 556134