MONEV SKS MTsN 1 BLITAR TAHUN 2022

|Blitar –Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan Kesiswaan (KSKK) dan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama  RI melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) serta Pendampingan pada Madrasah Penyelenggara Sistem Kredit Semester (SKS) di Propinsi Jawa Timur.

Kegiatan Monev dan Pendampingan diselenggarakan pada hari Rabu 2 Februari 2022 di Aula MAN 1 Tulungagung Jalan Ki Hajar Dewantara Beji Kec. Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Selain MTs Negeri1 Blitar Madrasah yang mengikuti kegiatan Monev adalah MAN 1 Tulungagung, MAN 2 Tulungagung, MAN 3 Tulungagung, MAN 1 Blitar, dan MTsN 2 Blitar.

Dalam kegiatan Monev Madrasah SKS, MTs Negeri 1 Blitar memperoleh hasil yang cukup memuaskan. Kepala MTsN 1 Blitar Aripin, S.Pd.,M.A dalam presentasinya menyampaikan bahwa penyelenggaraan Madarasah SKS pada Semester 1, 3 dan 5 Tahun Pelajaran 2021/2022 berjalan cukup lancar. Siswa/wi MTs Negeri 1 Blitar mulai memahami bahwa sistem SKS harus dilakukan secara individu dan mandiri.

Untuk mendukung terlaksananya program Madrasah SKS, Wakil Kepala urusan Kurikulum Abdurrohman, S.Ag.,M.PdI. beserta Tim, Pembimbing Akademik dan Guru Mata Pelajaran senantiasa melakukan pendampingan kepada siswa/wi. Untuk memperoleh nilai yang baik siswa/wi bisa belajar dari berbagai macam sumber belajar.

Kegiatan Pembelajaran di MTs Negeri 1 Blitar dilakukan secara luring dan daring. Ketika melakukan pembelajaran luring sumber belajar bisa di peroleh dari berbagai sumber, seperti : UKBM, buku pelajaran, internet, buku-buku yang tersedia di perpustakaan Dhamar Pustaka MTs Negeri 1 Blitar. Ketika melakukan pembelajaran daring siswa/wi bisa belajar bersama melalui fasilitas E-Learning di mana sumber belajar bisa dilihat pada materi yang sudah di uploud dalam E-Learning.

Hasil Monev dan Pendampingan Madarasah SKS di MAN 1 Tulungagung yang bisa dijadikan pedoman untuk penyelenggaraan Madrasah SKS diantaranya sebagai berikut :

1. Dalam sistem SKS Tugas Pembimbing Akademik (PA) adalah :
a. Membimbing siswa/wi untuk mengisi Kartu Rencana Studi (KRS).
b. PA selalu membimbing atau memantau perkembangan belajar siswa/wi sekurang-kurangnya satu minggu sekali.
2. Dalam Sitem SKS Tugas Guru Mata Pelajaran adalah :
a. Setiap mengajar Guru tidak harus menerangkan materi.
b. Dalam menyampaikan materi pelajaran Guru bisa melakukan secara klasikal maupun individu, karena siswa yang sudah bisa menyelesaikan 1 UKBM diperbolehkan melanjutkan ke UKBM berikutnya.
c. Guru memotivasi siswa untuk mencari sumber belajar melalui teknologi dan fasilitas lain yang bisa mendukung kegiatan pembelajaran.
3. Dalam Sistem SKS siswa/wi harus belajar mandiri karena :
a. Untuk menambah pengetahuan siswa/wi di motivasi untuk melakukan literasi (membaca dan melakukan percobaan mandiri).
b. Materi pelajaran bisa diperoleh dari berbagai macam sumber, dianytaranya : UKBM, buku paket pelajaran, internet dan buku-buku lain yang relevan.
c. Memanfaatkan perpustakaan, laboratorium dan fasilitas lain yang ada di madrasah sebagai sumber belajar.
d. Siswa/wi belajar secara mandiri karena semua tugas yang ada harus di selesaikan sendiri. Tidak harus menunggu Guru mata pelajaran selesai menerangkan materi pelajaran yang ada di UKBM. Karena kecepatan capaian belajar masing-masing siswa/wi tidak sama.
e. Satu kegiatan dalam UKBM tidak harus siswa/wi pelajari secara bersama-sama teman satu kelompok atau teman satu kelas.
f. Siswa/wi diperbolehkan beralih/melanjutkan ke topik belajar materi berikutnya yang ada di UKBM dengan syarat harus menyelesaikan topik/kegiatan belajar sebelumnya dan mendapatkan penilaian ketuntasan belajar melalui ujian/tes/penilaian harian (PH).
4. Apabila ada siswa/wi yang belum mencapai ketuntasan belajar dan menemukan kendala dalam pelaksanaan program madrasah SKS. Tim Kurikulum/Madrasah diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan selama 3 bulan ke depan.
5. Laporan yang di susun oleh Tim Kurikulum/madrsah mencakup upaya perbaikan yang dilakukan dan perbandingan prestasi akademik sebelum monitoring dengan 3 bulan setelah monitoring. Hasilnya dilaporkan ke Direktor KSKK dan Direjen Pendis Kemenag RI dalam bentuk file.

Penulis : Sandya Ratna Maruti

Editor  : Ita Pradita

Telp Kantor

 (0342) 556134