MENOLAK TAK BISA !

Samsuri, S.Ag, M.Pdi dan Muhammad Agus Wahyudi, S.Pd, penulis pendatang baru di MTsN 1 Blitar Jawa Timur yang karyanya sangat luar biasa. Berawal dari kegiatan “Workshop Literasi Rahasia Produktif Menulis” yang diselenggarakan Tim Literasi MTsN 1 Blitar pada tanggal 26 Oktober 2020 dengan mendatangkan pembicara Bapak Nyuwan S Budiana seorang penulis dan penerbit, serta bersamaan dengan launching beberapa buku karya guru dan siswa-siswi MTsN 1 Blitar Jawa Timur.

Continue Reading

PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat)

Setelah belajar di rumah selama 9 bulan dengan berbagai suka dan duka, siswa-siswi dan orang tua/wali murid sudah benar-benar merindukan situasi sekolah normal. Belajar di madrasah dari pagi hingga siang, bisa tatap muka dengan bapak/ibu guru, bisa bercanda riang dengan teman-teman seperti yang lazim terjadi sebelum pandemi. 

Terlebih lagi untuk siswa-siswi kelas 7 yang mulai tahun ajaran baru belum pernah menginjakkan kaki mereka ke madrasah, pasti sudah teramat rindu ingin melihat seperti apa kelas mereka, seperti apa bapak/ibu guru mereka dan teman-teman sekelas.
Secercah harap perpendar tatkala pihak madrasah meminta surat pernyataan dari orang tua/wali murid tentang persiapan pembelajaran tatap muka semester genap 2020/2021. Siswa-siswi dan orang tua begitu antusias mengirimkan persetujuan mereka di atas kertas bermaterai 6000.

Continue Reading

AYO MENULIS !

AYO MENULIS !

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian” (Pramoedya Ananta Toer).
Apa yang ditulis oleh sastrawan kondang Pramoedya Ananta Toer di atas menurut pendapat saya ada benarnya. Saat ini budaya menulis masih sangat sulit untuk diterapkan di kalangan masyarakat umumnya dan pelajar maupun pendidik pada khususnya. Padahal nenek moyang kita dahulu yang notabene belum mengenal kertas telah mengajarkan budaya “menulis” . Sebelum mengenal huruf/angka mereka menggambar simbol-simbol pada dinding goa atau tempat-tempat lain yang nantinya bisa ditemukan dengan tujuan supaya anak cucu dan keturunan mereka bisa mengetahui apa yang terjadi di jaman itu. Setelah mengenal tulisan (huruf Pallawa, berbahasa Sansekerta) mereka menulis pada batu yang sekarang ini kita kenal sebagai prasasti.

Continue Reading

TARIAN JEMARI

TARIAN JEMARI

Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa. (Wikipedia)

Di tengah geliat gerakan literasi madrasah meskipun agak latah untuk ikut-ikutan menulis buku namun pada akhirnya menjadikan kegemaran bagi saya sampai saat ini. Ada beberapa buku yang sudah saya tulis baik antologi maupun buku solo meskipun dalam keterbatasan dan kesederhanaan.

Continue Reading

RE-ORGANISASI OSIS TAHUN 2020 MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BLITAR

PELAKSANAAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI MASA PANDEMI COVID-19

Re-organisasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, memiliki arti Penyusunan Kembali atau Penataan kembali (Pengurus, Lembaga, Dsb). Reorganisasi disini bertujuan untuk proses regenerasi kepengurusan lama menuju ke kepungurusan baru, serta memilih pemimpin baru dalam suatu lembaga / organisasi yakni Organisasi Siswa Intra Sekolah / Madrasah. Re-Organisasi juga menjadi sebuah pembelajaran penting untuk pembelajaran demokrasi untuk para siswa, Melatih siswa untuk berorganisasi, Menyalurkan minat siswa untuk berorganisasi, Menumbuhkan sikap tanggung jawab dan disiplin dalam berorganisasi dan Meningkatkan kreativitas pengurus OSIS.

Continue Reading

Telp Kantor

 (0342) 556134